Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Makanan untuk penderita rematik dan asam urat - Rematik - asam urat ialah salah satu jenis penyakit peradangan pada area persendian yang dalam dunia medis sudah dibuktikan bisa diperingan kondisi penyakitnya dengan mengkonsumsi serta membatasi makanan tertentu.

Pada intinya, pengidap penyakit ini lebih baik menjalankan pola makan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein dengan kadar sedang serta rendah lemak. Mengatur pola makan ini memang bukanlah solusi atau sarana pengobatan, akan tetapi hanya sebatas mengurangi gejala penyakit yang lebih menyiksa si penderita.

Pilihan Makanan Untuk Pengidap Rematik Asam Urat


Purin - rematik asam urat

Penyakit ini menimbulkan pembengkakan yang disertai rasa nyeri atau ngilu pada area persendian, utamanya pada daerah ibu jari kaki atau jempol kaki. Penyebab terjadinya peradangan ini adalah karena adanya penumpukan kristal natrium urat, natrium urat ini adalah limbah alami yang ada pada tubuh kita.

Baca juga : #6 jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya kamu hindari

Asam urat ialah salah satu hasil dari pemecahan zat zat purin yang ada didalam tubuh. Purin ialah zat alami yang berada didalam tubuh serta bisa juga ditemukan di berbagai jenis makanan yang kita konsumsi. Nah makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi inilah yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam urat yang tentu saja akan memperparah kondisi si sakit. Dan karenanya bila kalian termasuk pengidap penyakit ini sebaiknya menghindari sumber makanan yang memiliki kadar purin yang berlebih.

Panduan Dalam Mengkonsumsi Makanan Bagi Penderita Rematik Asam Urat

Penyakit ini bisa ditangani dengan lebih banyak memakan sumber makanan tertentu yang dapat memperlancar sekkresi purin serta membatasi asupan makanan dan juga minuman yang mengandung purin tinggi. Dan beberapa makanan yang perlu kalian batasi dan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut ini.

Makanan yang sebaiknya dibatasi


  • Makanan Jeroan seperti otak, ginjal, paru, hati, serta jantung.
  • Daging merah seperti daging kuda, daging kambing, daging sapi, dan daging bebek.
  • Makanan laut atau bahari seperti udang serta kepiting.
  • Beberapa jenis ikan - ikanan seperti ikan sarden, ikan tuna, dan ikan makarel.
  • Makanan yang mengandung ragi / fermentasi seperti roti, tapai baik ketan maupun tapai singkong.
  • Sumber makanan yang manis serta minuman ringan yang tinggi kadar gula nya.
  • Beberapa jenis sayuran seperti sayur bayam, jamur, kembang kol, kacang kacangan seperti kacang polong, kacang merah dan juga kacang panjang.
  • Berbagai minuman keras.


Makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi


  • Aneka buah - buahan, seperti buah jeruk, buah melon, dan juga buah apel.
  • Aneka sayuran hijau, buah wortel serta buah tomat.
  • Perbanyak konsumsi air mineral setidaknya 2 liter setiap harinya guna meluruhkan kadar asam urat didalam tubuh.
  • Sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah kentang, beras merah dan juga makanan yang mengandung biji bijian utuh.
  • Konsumsi susu dan juga yoghurt yang rendah lemak / tanpa lemak yang mengandung kadar purin rendah namun memiliki kandungan protein tinggi.


Baca juga : Tips paling mudah menghilangkan komedo di area hidung

Selain selalu memperbaharui pilihan sumber makanan yang dikonsumsi, sangat penting bagi penderita rematik asam urat untuk menjaga berat badan dengan cara rajin melakukan aktifitas olahraga yang intensif. Sebab obesitas juga dapat menjadi faktor dan resiko utama menderita penyakit yang menyiksa rematik asam urat ini. Semoga bermanfaat.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »