Inilah Manfaat Buat Bit Untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah bit untuk penderita gula darah - salah satu penyakit yang saat ini memiliki rating tertinggi ke tiga dunia yang banyak diderita serta mampu mengakibatkan nyawa seseorang tiada adalah diabetes ini. Diabetes adalah salah satu penyakit yang disebabkan rusaknya pankreas sebagai penghasil hormon insulin yang berguna untuk mengubah gula darah menjadi gula otot dan disimpan sebagai cadangan energi. Ketika tubuh kekurangan energi maka gula otot ini diubah kembali menjadi gula darah guna memberikan asupan tenaga kepada tubuh.

Biasanya penderita penyakit diabetes ini harus ekstra hati hati dalam hal makanan yang akan dikonsumsinya yakni menghindari makanan yang mengandung gula agar nanti penyakit tersebut tidak bertambah parah, beberapa makanan yang memiliki banyak kadar glikemik pun wajib dihindari oleh si pederita. Walaupun begitu ternyata tidak semua buah buahan ataupun sayuran yang berbahaya bagi para penderita diabetes seperti salah satunya adalah buah bit yang saat ini masih dihindari oleh beberapa penderita penyakit diabetes.

Baca juga : Tips cara turunkan berat badan alami

buah bit untuk diabetes
ilustrasi jus dari buah bit

Tapi tahukah anda kenapa buah bit disebut dengan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan penderita diabetes ?. seperti dikutip dari situs kesehatan THEHEALTHSITE.COM menyebutkan alasan alasan mengapa buah bit ini bagus dan sehat bagi penderita diabetes.

Manfaat Buah Bit Buat Penderita Diabetes


Mengandung gula alami

Dari hasil penelitian diketahui buah bit ini memiliki kandungan 64 glikemik dan dapat dikatakan memang cukup tinggi. NAmun anda juga harus tahu bahwa kandungan gula yang ada didalam buah bit ini termasuk kandungan gula alami dimana gula alami ini ketika dikonversi menjadi gula glukosa maka prosesnya akan sangat lambat sehingga kesimpulannya kandungan gula yang ada didalam buat bit ini cukup sehat dan aman untuk penderita gula darah atau diabetes.

Kaya akan serat

Serat yang terkandung didalam sebuah umbi umbian ini bagus untuk kesehatan, selain itu buah bit ini juga mengandung kalium serta folat. Serat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penderita gangguan gula darah namun semua orang juga memerlukan makanan berserat bagi tubuh mereka.

Kaya nitrat

Umbi dari buah bit ini mampu meningkatkan fungsi kognitif bagi pasien diabet yang dikarenakan buah ini memiliki kandungan nitrat yang cukup banyak. Menurut jurnal nitric oxide society dalam penelitiannya menyatakan bahwa buah bit ini perlu dikonsumsi setidaknya selama kurun waktu sekitar 2 minggu secara teratur guna mendapatkan manfaatnya.


Neo betanin dan Betalain

Kedua unsur yang disebutkan diatas mampu membantu menekan atau menurunkan kadar gula dalam darah serta membantu meningkatkan produksi hormon insulin ( bila kerusakan pankreas tidak parah ). Umbi dari buah bit ini juga mampu mencegah oksidatif dari perubahan stress yang terinduksi pada penderita gangguan diabetes.

Baca juga : Hati hati dampak buruk jika tidak pernah sarapan

Nah ternyata buah bit ini memang memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kita yang masih diberikan kesehatan ( amin ) bahkan bagi mereka yang sedang menderita gangguan gula darah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang kemungkinan sedang mencari artikel mengenai manfaat buah bit bagi penderita diabetes. Jangan lupa untuk dibagikan :).



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »