Inilah Dampak Buruk Jika Anda Tidak Pernah Sarapan Pagi

Apakah bahaya tidak sarapan pagi - banyak sekali alasan alasan orang tidak ingin sekedar mengkonsumsi sesuatu di pagi hari atau yang biasa disebut dengan istilah sarapan pagi dengan alasan sedang diet, tidak ingin menjadi gemuk ( mitos ) atau ada juga yang beralasan konyol dengan sarapan pagi akan membuat menjadi ngantuk.

Padahal dari berbagai pakar kesehatan dunia telah melakukan berbagai risetnya mengenai sarapan ini dan menemukan fakta bahwa makan dipagi hari itu sangat dianjurkan sebab dengan kita mengkonsumsi makanan dipagi hari ini tubuh akan mendapatkan suplay nutrisi yang baik sebelum melakukan berbagai aktivitas.

salah satu contoh bentuk menu sarapan

Baca juga : Resep paling mudah menurunkan berat badan secara alami

Bila kita mengabaikan sarapan pagi seperti ini lama kelamaan akan berdampak pada kesehatan tubuh anda seperti terganggunya sistem metabolisme tubuh, terganggunya hormon tertentu didalam tubuh sampah berbengaruh terhadap suasana hati anda atau yang biasa dikenal dengan istilah mood. Beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada anda bila meninggalkan sarapan pagi ini selain gangguan yang telah saya sebutkan diatas juga ada beberapa akibat yang lebih buruk lagi yang diantaranya adalah :

Efek buruk tidak sarapan dipagi hari


Kesehatan jantung akan menurun

Banyak penelitian atau riset yang dilakukan untuk mengetahui antara kaitan sarapan pagi dengan jantung dan didapati sebuah hasil dimana orang yang sering melewatkan sarapan pagi akan beresiko jauh lebih tinggi untuk menderita hipertensi, penyumbatan pembuluh arteri sampai yang fatal berupa terkena serangan jantung. Nah agar tidak terjadi hal yang demikian kepada anda yang saat ini ogah ogahan untuk sarapan sebaiknya mulai saat ini biasakanlah mengkonsumsi sesuatu di pagi hari.

Beresiko terkena diabetes

Nah ternyata diketahui pula bahwa sering melewatkan yang namanya makan sarapan juga dapat membuat kadar gula darah langsung naik secara drastis ketika makan siang, kenapa sebab banyak sekali orang yang tidak mampu mengontrol berapa jumlah porsi makan siang mereka akibat tidak sarapan ( porsi double ).


Berat badan menjadi naik

Loh padahal kita tidak makan pagi loh, kok malah berat badan naik ? seharusnya kan malah turun. Banyak sekali orang yang terheran heran kenapa tidak makan pagi malah membuat tubuh menjadi gemuk, dan jawabannya simple, dengan sarapan atau makan pagi ini akan mempengaruhi atau keinginan anda makan dalam porsi yang banyak ketika sudah memasuki siang hari. Atau lebih tepatnya membuat anda masih merasa kenyang dan ogah untuk makan siang yang terlalu banyak.

Bisa berakibat migrain

Apakah anda sering merasa sakit di kepala pada bagian kiri atau kanan saja ? Sakit kepala sebelah atau migrain ini juga bida diakibatkan karena anda tidak pernah mau sarapan dipagi hari, sebab ketika anda tidak sarapan kadar gula dalam darah akan menurun sehingga selanjutnya memicu peningkatan tekanan darah atau tensi darah dan terjadilah migrain.

Membuyarkan daya konsentrasi ( tidak fokus )

Salah satu alasan kenapa anda sangat dianjurkan untuk makan pagi adalah agar konsentrasi anda baik dalam belajar maupun bekerja dapat terkontrol dengan lebih baik. Tidak sarapan sama dengan anda tidak memberikan asupan nutrisi kepada otan sehingga terkadang orang yang kurang sarapan seringkali tidak fokus dalam melakukan segala hal.

Baca juga: Inilah bahayanya jika anda suntik hormon pertumbuhan

Selain itu dengan kalian tidak pernah makan pagi juga dapat membuat seseorang menjadi gampang marah / emosi serta tidak mampu mengontrol dirinya sendiri atau dalam bahasa jawanya adalah uring uringan. Sayang sekali bukan jika aktivitas kalian menjadi kacau balau hanya karena tidak pakan pagi. Memang banyak sekali orang yang tidak menyadari efek buruk tidak sarapan dan lebih mengacuhkannya dengan berbagai alasan yang telah saya sebutkan diatas.

Semoga anda yang telah membaca artikel ini menjadi tahu akan pentingnya makan pagi, semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan agar bermanfaat pula buat calon pembaca selanjutnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »