Inilah Bahaya Jika Anda Kekurangan Serat

Resiko bila kekurangan serat - siapa sih yang tidak tahu dengan serat yang terdapat didalam makanan yang kita konsumsi sehari hari. Sebagian dari kita tentunya sudah tidak asing lagi karena serat ini sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh kita. Diperlukan setidaknya 20 sampai 30 gram serat per hari bagi orang usia dewasa guna membuat kinerja sistem pencernaan menjadi lancar tanpa gangguan.

Namun sangat disayangkan saat ini banyak sekali orang yang mengacuhkan akan kebutuhan serat harian dan lebih memilih mengkonsumsi makanan fast food yang sangat rendah akan serat atau bahkan sama sekali tidak mengandung serat sama sekali.

menu makanan sehat

Perlu diketahui bahwa tubuh yang setiap harinya kekurangan serat dalam makanan yang dikonsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Dan dibawah ini adalah beberapa contoh akibat buruk jika kalian mengkonsumsi makanan rendah serat diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : Begini dampak buruk jika anda tidak sarapan

Bahaya konsumsi makanan rendah serat


Kadar gula darah terganggu

Sudah dipastikan makanan yang memiliki serat rendah namun mengandung karbohidrat yang sangat tinggi mampu meningkatkan kadar gula dalam darah saat itu juga ( efek langsung ). Dan kemudian berangsur secara perlahan dan kembali normal, walaupun begitu naiknya kadar gula dalam darah yang sering mendadak seperti ini sangat beresiko bagi anda untuk terkena penyakit diabetes.


Resiko menderita penyakit jantung sangat tinggi

Dari hasil penelitian beberapa pakar kesehatan, semakin tinggi serat yang dikonsumsi setiap hari maka semakin rendah pula kemungkinan kalian mengidap kolestrol. Hal ini bisa teradi sebab kolestrol sangat gampang sekali terbawa oleh serat serat makanan yang tidak hancur ketika proses pencernaan dan dikeluarkan dari dalam tubuh ketika anda sedang BAB. Disamping itu serat juga mampu membantu menurunkan berat badan walaupun efeknya tidak terasa secara langsung.

Kurang serat beresiko sembelit

Bila anda adalah termasuk orang yang tidak atau kurang mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya dapat beresiko terkena sembelit. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsilah makanan yang kaya akan serat setiap harinya guna menghindari hal hal yang seperti ini.

Kurang serat gampang lapar

Dampak yang sangat terasa secara langsung bila anda mengkonsumsi makanan rendah serat adalah anda sangat mudah sekali lapar walaupun tadinya anda sudah makan dan merasa kenyang. Kenapa demikian ? sebab makanan yang tidak memiliki serat yang cukup akan dapat dengan mudah dicerna oleh usus dan membuat anda cepat merasa kelaparan lagi. Beda halnya bila anda mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan seratnya, anda akan merasa kenyang walaupun sudah waktunya makan karena proses pencernaan berjalan lambat.

Baca juga : Manfaat tersembunyi buah bit bagi penderita diabetes

Nah itulah tadi beberapa bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan rendah serat. Bagi anda yang saat ini suka makan makanan yang tidak jelas sebaiknya mulai sekarang rubahlah pola makan dan gaya hidup anda agar menjadi lebih sehat sebab jika anda sudah menderita suatu penyakit akan sangat merugikan diri anda bahkan orang orang yang disekitar anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »