Penting : Inilah Gejala Fisik Jika Kolesterol Anda Tinggi

Ciri kadar kolesterol dalam darah yang tinggi - mengetahui seberapa besar kadar kolesterol didalam darah kita ialah sesuatu hal yang sangat penting dan harus kita perhatikan. Hal ini tak lain adalah untuk menghindarkan diri dari penyakit fatal seperti stroke atau kelumpuhan, hingga serangan jantung yang dapat berujung pada kematian.

Untuk cara pemeriksaan ini pun ada dua, yang pertama adalah pemeriksaan secara sederhana yang hanya memberikan informasi seberapa tinggi kadar kolesterol dalam darah kita, cara ini biasa kita temui di apotik apotik yang menyediakan jasa pemeriksaan kolesterol dan gula darah.

gejala kolesterol tinggi


Sedangkan cara kedua dilakukan dengan pemeriksaan laboraturium dimana nantinya kita akan mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai presentasi jumlah kadar kolesterol baik, kolestetol jahat serta kadar trigliserida yang terkandung didalam darah kita.

Baca juga : Daun alami penghilang bau badan

Dan melakukan pemeriksaan atau cek up seperti ini sebaiknya dilakukan secara rutin, setidaknya setiap 2 bulan sekali. Dan bila kalian tidak sempat melakukan pemeriksaan medis, ada sedikit informasi mengenai gejala fisik yang umum mengindikasikan tingginya kadar kolesterol dalam darah yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kaki dan tangan terasa pegal

Akibat adanya penumpukan jumlah kolesterol didalam darah terutama dibagian kaki dapat menjadikan kaki kita sering terasa pegal dan capek padahal hanya digunakan untuk berjalan dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
Penumpukan jumlah kolesterol dibagian ini pada umumnya terjadi secara kontinyu.

2. Sering terasa kesemutan

Rasa kesemutan pada bagian kaki dan tangan ini juga mengindikasikan adanya penyumbatan pembuluh daerah pada area ini yang menyebabkan peredaran darah kurang lancar sehingga timbul lah rasa kesemutan tadi. Pada syaraf atau pembuluh darah yang tidak teraliri darah inilah penyebab kenapa bisa sampai kesemutan. Hal ini diakibatkan karena darah yang seharusnya mengaliri seluruh sistem syarah menjadi mengental dan tersumbat akibat sangat tinggijya kadar kolesterol didalam darah kita.

3. Terasa nyeri pada dada bagian kiri

Dada bagian kiri ini tentu saja ada kaitannya dengan jantung kita yang posisinya berada di sebelah kiri yang mempunyai fungsi utama sebagai alat pemompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang ada disekitar jantung karena kolesterol dapat membuat rasa nyeri di dada sebelah kiri, bahkan rasanya seperti ditusuk dengan menggunakan benda tajam. Terkadang rasa nyeri ini juga bisa menyebar ke bagian leher. Adanya rasa sakit pada area disekitar jantung ini juga merupakan pertanda serangan jantung akibat tingginya kadar kolesterol didalam darah terutama dibagian jantung.

Baca juga : Buah bit dan manfaatnya bagi penderita diabetes

4. Pundak dan tengkuk terasa pegal

Rasa pegal yang ada di bagian pundak dan tengkuk, apalagi bila rasa pegalnya berminggu minggu bahkan berbulan bulan tidak sembuh adalah salah satu implikasi dari tidak lancarnya aliran darah pada bagian tersebut. Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah Tengkuk yang ada dibagian leher dan tengkuk tersumbat kolesterol.

5. Sering terasa pusing pada belakang kepala

Penyebab pusing yang terjadi di area belakang kepala ini juga disebabkan adanya oenyumbatan pembuluh darah pada area ini. Biasanya kolesterol akan membentuk plak atau kerak didalam pembuluh darah, yang lambat laun semakin menumpuk dan menyumbat. Apabila dibiarkan akan membuat pembuluh darah pada bagian ini bisa pecah dan terjadilah penyakit yang dinamakan STROKE.

Baca juga : Buah buahan yang mampu memutihkan kulit secara alami

Nah itulah tadi beberapa gejala fisik tingginya kadar kolesterol dalam darah yang harus anda waspadai. Bila kalian merasakan beberapa gejala diatas alangkah baiknya anda segera memeriksakan diri ke puskesmas guna mengecek kadar kolesterol anda. Pastikan anda menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »