6 Tips Begadang Yang Sehat Tetap Bugar Di Malam Hari

Tips begadang yang sehat - begadang memang tidak dapat dihindari semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jam kerja di mapam hari bahkan sampai subuh seperti salah satunya ialah profesi sebagai seorang satpam atau security yang selalu menjaga keamanan baik siang maupun malam.

Selain profesi diatas, masih banyak pula orang orang yang begadang tiap malam untuk mengejar deadline ke esokan harinya, dan karena itulah mereka mereka ini membutuhkan waktu tambahan lagi guna menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu. Jadi kegiatan begadang jangan selalu dikaitkan dengan kegiatan yang tidak berguna seperti cangkrukan dan lain sebagainya sebab memang banyak sekali alasan kenapa orang orang ini begadang.

begadang sehat

Begadang memang akan berdampak buruk untuk kesehatan seperti darah tinggi/hipertensi, anemia, insomnia dan lain lain. Dan untuk meminimalisir sekecil kecilnya resiko dari yang namanya begadang, dibawah ini adalah beberapa tips agar begadang anda tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Ini sumber makanan yang bagus dimakan ketika fitnes


Kurangi kafein

Memang kafein tidak bisa dilepaskan dari yang namanya kegiatan begadang ini, bahkan kafein adalah salah satu menu wajib yang harus ada dan menemani begadang malam bukan ?. Dan memang telah terbukti bahwa kafein ini mampu mengusir kantuk, menghilangkan atau mengurangi kelelahan di malam hari. Namun sebenarnya kafein ini juga tidak baik bagi kesehatan anda jika terlalu banyak dikonsumsi dengan alasan apapun, sebab terlalu banyak kafein justru hanya akan membuat anda menjadi dehidrasi. Cukup 1 gelas kopi untuk semalaman dan sisanya air putih lebih baik ketimbang setiap 2 jam sekali membuat kopi dan menghabiskannya.

Menjaga menu makan

Buat anda yang suka sekali tidur larut malam, maka menu makanan yang anda konsumsi pun harus selalu diperhatikan. Seperti makan secara teratur dan tertata serta banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti brokoli ataupun bayam, berbagai jenis buah buahan serta bahan makanan lain yang memiliki kandungan serat yang tinggi.

Minum air putih

Yang namanya begadang tentu saja sangat membosankan bukan, selain itu orang yang begadang larut malam akan mudah sekali dehidrasi atau kekurangan cairan didalam tubuhnya. Maka dari itulah jika anda ingin tetap sehat walaupun begadang, maka konsumsilah air putih yang cukup. Selain dapat membantu anda tetap bugar dimalam hari, air putih pun juga berkasiat untuk menyehatkan kulit anda.

Seringlah melakukan peregangan otot

Beberapa pekerja malam alias orang yang suka begadang seringkali tidak banyak melakukan gerakan alias hanya duduk duduk saja, padahal terlalu sering duduk dapat membuat tubuh anda cepat terasa lelah dan juga jenuh. Nah oleh sebab itu ketika begadang janganlah hanya duduk diam saja, sering seringlah melakukan peregangan otot atau sekedar bangkit dan berjalan memutari meja juga boleh. Sebab selain menekan tingkat kelelahan cara seperti ini juga ampuh dalam mengusir perasaan jenuh dan membuat fikiran menjadi fresh kembali.

Jangan konsumsi minuman be-renergi

Terkadang orang yang suka begadang juga suka menyajikan minuman minuman berebergi seperti Extranyoss ataupun Kukubimbi bahkan Krantingdoank. Bagi kalian yang suka meninuman yang seperti ini ketika begadang sebaiknya mulai sekarang anda tinggalkan kebiasaan buruk ini, sebab beberapa bahan kimia yang ada didalam minuman seperti ini sangat tidak baik untuk ginjal anda, bahkan kadar kafein serta gulanya pun jauh lebih tinggi yang dapat mengganggu kesehatan anda dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Tips menghilangkan komedo di hidung dengan mudah

Tidur yang cukup

Nah walaupun anda suka begadang tiap malam jangan pernah melupakan waktu tidur anda. Tapi perlu diingat bahwa jangan tidur didalam jam kerja anda ( biasanya security ), ambilah jam lain di keesokan harinya untuk mengganti waktu tidur anda yang terpakai untuk begadang malam sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh anda tetap terjaga. Jika perlu anda bangun kesiangan pun juga tidak apa apa asalkan anda tahu waktu saja.

Nah itulah tadi beberapa tips begadang yang sehat dan tetap bugar dimalam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »