Inilah 10 Faktor Penyebab Jerawat Yang Harus Kamu Tahu

10 Faktor penyebab Timbulnya Jerawat – memang masalah jerawat adalah hal yang lumrah dialami oleh semua orang baik laki laki maupun perempuan, anak anak ataupun mereka yang sudah menginjak usia dewasa. Dan lebih hebatnya lagi jerawat jerawat ini layaknya film horror indonesia yang datang tak dijemput, tumbuh dan muncul tanpa diinginkan serta lokasinya yang membuat anda menjadi tidak PD seperti di ujung hidung, di pipi, di keninh dan lain sebagainya dengan jenis jerawat batu sampai jerawat pasir yang amat banyak.

Lalu apasih sebenarnya penyebab atau pemicunya sehingga jerawat ini bisa tumbuh subur di wajah kita ?. Yuk kita simak dibawah ini.

jerawat

10 faktor penyebab tumbuhnya jerawat


1. Faktor Kebersihan

Pada permukaan kulit yang kurang dijaga kebersihannya dapat membuat bakteri dan kuman penyebab jerawat tumbuh dengan subur. Kebiasaan seperti malas untuk cuci muka, suka menempelkan permukaan telapak tangan di pipi, sampai penggunaan minyak rambut yang tidak cocok dengan kulit anda dapat memicu tumbuhnya jerawat diwajah anda. Oleh sebab itu sebaiknya hindari kebiasaan seperti diatas, dan perhatikanlah kebersihan wajah anda setiap saat.

Baca juga :  Ini Makanan penyebab jerawat yang harus dihindari

2. Gaya Hidup tak sehat

Faktor penyebab tumbuhnya jerawat selanjutnya adalah karena gaya hidup kita yang tidak sehat yang salah satunya tidak memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi. Memang beberapa jenis makanan seperti kacang kacangan, makanan laut sejenis kerang, telur atau susu bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wajah. Oleh sebab itu bila anda memiliki gaya hidup tak sehat mulai sekarang ubahlah kebiasaan anda ini.

3. Karena Faktor Keturunan

Beberapa orang yang memiliki masalah jerawat bisa juga dipengaruhi oleh gen atau keturunan. Dan biasanya  orang yang memiliki orang tua berjerawat dimasa mudanya, sangat memungkinkan bagi keturunannya untuk menderita jerawat yang sama. Nah faktor keturunan ini memang sangat sulit dihindari, namun tidak menampik kemungkinan anda dapat terhindar dari jerawat bila rajin memperhatikan kebersihan wajah dan mengatur pola makan yang sehat.


4.  Pikiran Stres

Orang yang memiliki banyak pikiran dan sampai stress berat dapat membuat kondisi kejiwaan menjadi tidak stabil sehingga membuat produksi beberapa hormon yang ada didalam tubuh terganggu bahkan sampai dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh loh. Belum lagi ketika stress makanan apapun anda lahap dan mengabaikan pola hidup sehat, sudah bisa dipastikan anda akan diserang jerawat. Selain jerawat ternyata mag ini juga bisa membuat anda menderita penyakit lain seperti sakit maag.


5. Make Up Tidak Cocok

Di dunia ini banyak sekali peralatan kosmetik yang dijual dipasaran dengan berbagai merk dan kualitas yang digunakan para wanita untuk mempercantik wajah mereka. Dan didalam kosmetik tersebut juga memiliki kandungan yang bermacam macam yang tidak semua jenis kulit wajah cocok menggunakannya. Nah bila anda menggunakan peralatan yang tidak cocok dengan jenis kulit anda sudah barang tentu akan timbul jerawat yang bisa bertahan cukup lama nongkrong diwajah anda.


Baca juga : Tips menghilangkan komedo dengan mudah

6. Adanya Infeksi Pada Kulit

Beberapa faktor lain kenapa jerawat dapat tumbuh diwajah anda adalah karena adanya luka pada wajah dan telaj terinfeksi. Hal ini sangat berkaitan dengan aktifitas anda ketika mengeluarkan komedo dengan cara dipencet yang pada akhirnya melukai kulit sehingga bakteri mudah masuk dan komedo yang gagal keluar tersebut lama kelamaan menjadi jerawat. Bagi kalian yang kesulitan mengeluarkan komedo bisa baca artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan komedo secara alami.


7. Jenis Kulit

banyak sekali jenis kulit seperti kulit kusam, kulit kering, kulit lembab dan kulit berminyak. Dari sekian banyak jenis kulit, kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang sangat rentan diserang oleh yang namanya jerawat. Kenapa demikian? Sebab pada kulit yang berminyak, produksi sebum lebih banyak ketimbang jenis kulit biasa lainnya. Dan karena sebum ini letaknya ada di pori pori kulit, jika tersumbat dan dikontaminasi oleh bakteri akan memicu timbulnya jerawat.


8. Lingkungan yang tidak sehat

Salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat ialah karena faktor lingkungan tempat tinggal anda. Seperti polusi, panas, debu di perkotaan ini sangat rentan terhadap orang orang yang ada dilingkungan tersebut, yang semula tidak memiliki jerawat jadi memiliki jerawat, telebih lagi bagi kalian yang terbiasa tinggal didesa kemudian merantau ke perkotaan. Perubahan lingkungan yang sangat jauh ini memicu produksi beberapa hormon dan bakteri menjadi meningkat sehingga timbul lah jerawat.

9. Penggunaan Obat obatan

obat obatan tertentu juga bisa memicu tumbuhnya jerawat loh. Hal ini sangat erat kaitannya dengan efek samping dari beberapa jenis obat tertentu, khususnya jenis obat atau krim oles pada wajah.

10. Kurangnya Kesadaran Diri

Banyak dari kita yang tidak ingin memiliki jerawat, bahkan kalau bisa dibilang pasti semuanya tidak msu donk mempunyai jerawat. Namun terkadang hanya sekedar keinginan tidak memiliki jerawat tabg terucap dsri bibir mereka, sedangkan kitanya tidak msu melakukan perawatan pada wajah kita, atau melakukan perawatan tapi ngasal. Bahkan pola makan saja kita terkadang masih ugal ugalan apapun dimakan.

Baca juga : 3 jenis minuman yang membuat anda langsing

Nah itulah tadi beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah cantik anda. Semoga bermanfaat buat kalian dan semoga beberpa baris artikel diatas dapat membatu anda dalam  menghindari jerawat yang bisa merusak pemandangan indah diwajah anda. Silahkan dibagikan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »