7 Tips Ampuh Untuk Menggemukkan Badan

7 Cara ampuh tambah berat badan - siapa yang tidak memiliki berat badan yang ideal ? pasti semua orang akan mengacungkan jarinya ketika ditanya yang demikian.  Walaupun demikian masih banyak orang yang memiliki berat badan yang jauh dari kata ideal, bahkan beberapa diantaranya memiliki berat badan yang berlebih dan sisanya memiliki berat badan yang kurang alias kurus.

Bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih senantiasa bersusah payah untuk membuat tubuh mereka memiliki berat yang proporsional, demikian pula bagi mereka yang memiliki tubuh kurus, rela makan apa saja agar berat badannya bisa meningkat. Secara garis besar hampir semua orang kurus melakukan hal hal seperti banyak tidur, mengkonsumsi makanan apa saja dan minuman apa saja bahkan suplemen hanya untuk membuat berat badan mereka meningkat, dan banyak diantara mereka ini yang kurang berhasil malahan membuat kesehatan mereka semakin memburuk.

cara menaikkan berat badan

Kenapa demikian ? sebab memang beberapa jenis tubuh yang mengalami kurus ini ada yang tidak dapat ditingkatkan berat badannya hanya dengan makan banyak dan tidur saja seperti type tubuh Ectomorph yang mana tubuh jenis ini memiliki kecenderungan yang sulit untuk menjadi gemuk.

Baca juga : Hindari konsumsi makanan ini agar tidak jerawatan

Dan khusus edisi kali ini kita akan membahas mengenai tips bagaimana menaikkan berat badan bagi si kurus agar menjadi lebih ideal yang diantaranya bisa kalian simak dibawah ini.

Penyebab Tubuh Menjadi Kurus


1. Faktor banyak pikiran

Tentunya kita hidup ini tidak terlepas dari yang namanya permasalahan mulai dari pekerjaan, keluarga, keuangan sampai masalah asmara menumpuk menjadi satu yang jika kalian tidak mampu mengendalikan emosi dan bersikap sabar, dapat membuat pikiran menjadi stress dan tentu saja berat badan anda akan menurun. Stress yang sangat parah bahkan dapat membuat anda menjadi kurang napsu makan bahkan menjadikan anda gila.

2. Faktor Keturunan

Selain faktor pikiran, beberapa penyebab tubuh kita ini kurus adalah karena faktor turunan, dan tubuh kurus akibat turunan ini memang cenderung lebih sulit untuk dinaikkan berat badannya. Namun kendati demikian bukan suatu hal yang mustahil untuk menaikkan berat badan bila anda memang niat.

3. Faktor penyakit yang diderita

Banyak sekali orang yang mengalami suatu penyakit dan kehilangan banyak berat badannya, namun setelah sembuh menjadikan mereka kesulitan untuk kembali menaikkan berat badannya. Hal ini biasanya disebabkan ketika sedang sakit, mereka menjadi tidak napsu makan sehingga membuat tubuhnya kurus dan terlanjur kurus.

4. Karena kurang istirahat

Waktu istirahat ini sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup guna menjaga stamina mereka untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Beberapa orang memiliki kegiatan yang sangat amat padat sampai sampai ia tidak mempedulikan waktu istirahatnya bahan mereka rela untuk begadang sampai larut malam. Gaya hidup seperti ini terlebih tidak diimbangi dengan mengkonsumsi nutrisi dan makanan bergizi lain sangatlah tidak baik bagi siapapun dan beresiko menurunkan berat badan kalian nantinya.

Baca juga : Anda jerawatan ? inilah faktor penyebab jerawat yang wajib anda tahu


Cara Menambah Berat Badan Untuk Anda Yang Kurus


1. Konsumsi  sumber makanan yang dapat menambah berat badan

Pada keadaan tubuh yang normal, semua makanan rasanya hampir bisa dipastikan dapat menaikkan berat badan buat orang yang mengkonsumsinya. Namun khusus untuk si kurus ini berbeda, perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dipercaya efektif guna menambah berat badan seperti yang diantaranya adalah susu sapi, daging merah, berbagai jenis kacang kacangan sert buah buahan seperti buah alpukat, mentega, gandum, keju, roti dan kentang.


2. Sedikit porsi makan namun rutin

Biasanya orang bertubuh kurus jarang sekali makan teratur, bahkan sebagian besar mereka makan 1 hari hanya 2 kali dan itupun langsung dalam porsi besar. Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi tubuh kalian sebab beberapa fungsi organ tubuh memerlukan usaha dan kerja keras dalam mengolah makanan yang kalian makan dalam jumlah besar tersebut. oleh sebab itu hilangkan cara makan seperti ini, cukup makan dengan porsi setengah piring makanan bergizi, namun rutin misalnya tiap 4 - 5 jam sekali. Pastikan anda imbangi dengan olahraga yang cukup agar nutrisi dapat diserap tubuh dengan baik.


3. Rajin olahraga

berolahraga juga dianjurkan tidak hanya untuk program penurunan berat badan, namun dalam program menaikkan berat badan pun juga harus di imbangi dengan olahraga yang cukup. Dan beberapa jenis olahraga yang bagus bagi si kurus ini adalah angkat beban, lari maupun fitnes. Latihan latihan rutin ini berfungsi untuk memaksa otot otot tubuh berkembang serta tetap menjaga kebugaran tubuh anda.


4. Istirahat yang cukup dan jangan begadang

Sudah banyak sekali pakar kesehatan yang melarang anda untuk begadang malam sebab memang kegiatan yang satu ini tidak bagus untuk kesehatan, bahkan bang haji Roma Irama pun melarang kita untuk begadang melalui lagunya. Kegiatan begadang ini dapat mempengaruhi berbagai hormon dalam tubuh, memicu meningkatnya stress sampai menguras tenaga sehingga membuat berat badan kalian langsung turun drastis. Jika memang kalian pekerja malam seperti security yang wajib jaga malam, cobalah membaca Tips cara begadang yang sehat.


5. Makan cemilan sehat

Fakta pun membuktikan bahwa orang orang yang memiliki tubuh kurus suka sekali ngemil yang tidak sehat, sehingga berapa banyak cemilan dan berapa juta uang yang kalian keluarkan untuk membeli cemilan tiap bulannya tidak bisa membuat tubuh anda gemuk sebab memang cemilan yang dikonsumsi rata rata tidak sehat. Nah jika kalian ingin ngemil yang sehat cobalah mengkonsumsi beberapa jenis kacang kacangan dan sayuran serta buah buahan, jangan mengkonsumsi seperti snack dan sejenisnya.

6. Banyak minum air putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih selain dapat membuat kulit anda senantiasa sehat dan lembab, air putih ini pun mampu menetralisir racun atau toksin yang ada didalam tubuh untuk dibawa keluar melalui keringat. Dengan demikian metabolisme tubuh akan tetap terjaga sehingga sari sari makanan yang kalian konsumsi dapat diserap tubuh dengan baik. Air putih yang bagus untuk dikonsumsi adalah air yang berasal dari mata air pegunungan atau dari air sumur yang telah dimasak.


7. Jangan mudah stress

Memang kita tidak bisa menghindari dari yang namanya stress sebab setiap manusia memiliki masalah yang dihadapi dan masing masing orang pun memiliki tingkat stress yang berbeda. Orang yang terlalu stress memikirkan sesuatu biasanya mengalami sulit tidur serta tidak napsu makan. Jadi agar anda tidak terlalu stress dalam memikul masalah, cobalah menerima dengan lapang dada, dan kalau perlu siapkan waktu khusus yang dapat kalian gunakan untuk liburan guna melepas penat didalam pikiran anda.

Baca juga : Begini bahayanya jika anda terlalu sering duduk, awas stroke dan jantungan

Diatas adalah beberapa tips yang bisa kalian coba guna menambah berat badan kalian, semoga tulisan diatas ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang saat ini mengalami masalah badan kurus dan tidak kunjung gemuk. Jangan lupa dibagikan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »